Your.Specials.Here

Your content here...
Aenean leo ligula, porttitor eu, consequat vitae, eleifend ac, enim. Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. more...

Tugas Populasi dan Sampel

Sabtu, 15 Mei 2010

Di bawah ini disajikan suatu penelitian ilmiah mengenai hubungan yang terjadi antara tingkat inflasi dan suku bunga BI Rate dengan pergerakan harga saham PT. Bank Permata, Tbk. Penelitian ilmiah yang diberi judul Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi dan BI Rate Terhadap Harga Saham PT. Bank Permata, Tbk dilakukan oleh Djoko Supriyadi, mahasiswa Universitas Gunadarma Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi. Dari penelitian ilmiah tersebut akan dicari populasi dan sampel yang dipakai untuk menghasilkan kesimpulan akhir. Berikut disajikan abstrak dari penelitian ilmiah tersebut.


ABSTRAK


Djoko Supriyadi.20207350

Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi dan BI Rate Terhadap Harga Saham PT. Bank Permata, Tbk

PI. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2010

Kata Kunci : Inflasi, BI Rate, Saham, Regresi Linier Berganda


(x + 56 + lampiran)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat inflasi dan suku bunga BI Rate terhadap pergerakan harga saham dari institusi yang dipilih untuk studi ini, yaitu PT. Bank Permata, Tbk. Institusi tersebut dipilih karena pendiriannya berasal dari penggabungan beberapa bank yang terkena dampak inflasi pada tahun 1997 dan kemungkinan bisa mempengaruhi kembali bank tersebut pada tahun 2009 saat terjadi resesi ekonomi di Amerika Serikat yang secara tidak langsung akan mempengaruhi perekonomian Indonesia. Suku bunga BI Rate diambil sebagai salah satu faktor yang dianalisis karena menentukan besarnya asset di sektor pendanaan yang berasal dari debitur.

Data yang diambil secara online atau situs internet yaitu berasal dari Badan Pusat Statistik untuk data tingkat inflasi, Bank Indonesia untuk data suku bunga BI Rate dan Bursa Efek Indonesia untuk data harga saham PT. Bank Permata, Tbk. Semua data diambil selama kurun waktu 3 tahun antara Januari 2007 sampai dengan Desember 2009. Metode statistik yang dipakai untuk penelitian ini yaitu metode regresi linier berganda. Sebagai variabel dependen atau variabel terikat yaitu harga saham PT. Bank Permata, Tbk dan untuk variabel independen atau variabel bebas adalah tingkat inflasi dan suku bunga BI Rate.

Berdasarkan perhitungan dengan metode statistik regresi linier berganda didapatkan hasil t hitung X1Y (variabel tingkat inflasi terhadap harga saham PT. Bank Permata, Tbk) sebesar 3,035 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,691. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan, karena t hitung X1Y (3,035) > t tabel (1,691), maka Ho ditolak dan jika dilihat dari hipotesis didapat kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara tingkat inflasi terhadap perubahan harga saham PT. Bank Permata, Tbk. Berdasarkan hubungan kekerabatan, maka kedua variabel memiliki hubungan moderat/ sedang. Untuk analisis selanjutnya didapatkan hasil t hitung X2Y (variabel suku bunga BI Rate terhadap harga saham PT. Bank Permata, Tbk) sebesar 0,232 yang lebih kecil dari t tabel sebesar 1,691. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan, karena t hitung X2Y (0,232) < t tabel (1,691), maka Ho diterima dan jika dilihat dari hipotesis didapat kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan antara suku bunga BI Rate terhadap perubahan harga saham PT. Bank Permata, Tbk. Berdasarkan hubungan kekerabatan, maka kedua variabel memiliki hubungan tidak erat.


Daftar pustaka (1995 – 2010)



Pengertian populasi dan sampel berdasarkan pendapat dari Uma Sekaran dalam bukunya yang berjudul Research Methods for Business, 4th Ed (Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4) yaitu :

  • Population (populasi) yaitu keseluruhan kelompok orang, peristiwa, atau hal yang ingin peneliti investigasi.

  • Sample (sampel) adalah subset atau subkelompok populasi.

Berdasarkan dari abstrak penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Djoko Supriyadi di atas diketahui bahwa dalam penulisannya dipakai data berupa populasi dan sampel yang didapat dari sumber yang otentik. Dan setelah ditelaah lebih lanjut maka didapatkan populasi dan sampel dari penelitian limiah yang tertulis di atas.

  • Population (populasi) yang dipakai yaitu data tingkat inflasi yang berasal dari Badan Pusat Statistik, suku bunga BI Rate yang didapat dari Bank Indonesia, dan harga saham PT. Bank Permata, Tbk yang bersumber dari Bursa Efek Indonesia.

  • Sample (sampel) dari penelitian di atas yaitu data dari ketiga sumber yang menjadi populasi selama kurun waktu 3 tahun antara bulan Januari 2007 sampai dengan Desember 2009.

0 komentar:

Poskan Komentar